jadikan dirimu sebagaI hiasan RoHani

makalah pemasaran sosial


MAKALAH


DEVELOPING SOCIAL MARKETING STRATEGY

Disusun Oleh :

                                    Malinda Isnaini K                     D11.2013.01665

                                   

FAKULTAS KESEHATAN

UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

SEMARANG

2015

A.   PENGERTIAN & PERANAN PERENCANAAN PEMASARAN


Perencanaan strategi pemasaran adalah bagaiamana cara untuk dapat menemukan berbagai peluang menarik dan menyusun strategi yang menguntungkan. Kegiatan penyusunan rencana pemasaran inilah yang disebut dengan perencanaan pemasaran. Contoh : Marketing kepada karyawan untuk membidik konsumen agar mereka mudah diraih.

Peranan penting pemasaran dalam perancanaan strategis perusahaan antara lain :

1)    Pemasaran memberikan konsep pemasaran yang strategis agar perusahaan memperhatikan kebutuhan kelompok konsumen.

2)    Memberikan identifikasi peluang pasar yang menarik dengan cara :

-       Mengganti kebutuhan yang banyak diperlukan oleh konsumen

-       Mengetahui kapan konsumen membutuhkan kebutuhan tersebut

-       Memperhatikan karakter konsumen berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan maupun pendidikan

-       Mengetahui daya beli konsumen sesuai dengan pendapatan

-       Memperhatikan apakah pasar banyak pesaing atau tidak

 

B.   MANFAAT RENCANA PEMASARAN

 

1)    Mencapai koordinasi aktivitas yang lebih baik

2)    Mengidentifikasi perkembangan yang diharapkan

3)    Meningkatkan kesiapan organisasi untuk berubah

4)    Meminimalkan respon tak rasional sampai respon yang tidak diharapkan

5)    Mengurangi konflik tentang ke mana seharusnya organisasi bergerak

6)    Meningkatkan komunikasi     

7)    Mendesak manajemen untuk berpikir ke depan secara sistematis

8)    Memperluas penyesuaian sumber daya yang tersedia untuk mendapatkan peluang pilihan.

Sedangkan perencanaan pemasaran suatu perusahaan dapat memberikan manfaat bagi:

1)    Usaha untuk mendorong cara berpikir jauh kedepan.

2)    Usaha mengkoordinasi kegiatan pemasaran secara lebih baik.

3)    Usaha mengawasi kegiatan pemasaran yang telah dilakukan yang didasarkan atas standar prestasi kerja yang ditetapkan dalam rencana.

 

C.   KOMPONEN PEMASARAN

 

1.    PRODUCT

Mendesain penawaran marketing. Contohnya : Air mineral

 

2.    PRICE

Pengorbanan yang harus diberikan oleh target market untuk mngadopsi perilaku baru yang kita pasarkan. Berupa Monetary Cost and Non Monetary Cost.

 

3.    PLACE

Tempat dimana target market akan mengakses perilaku yang diharapkan, mendapatkan objek yang dibutuhkan dan menerima servis yang terkait.

Akses terhadap produk agar lebih nyaman dengan cara :

-       Membuat lokasi lebih dekat seperti layanan mobil kesehatan gigi

-       Mengurangi waktu akses

-       Lokasi mudah dijangkau

-       Layanan ditempat dimana keputusan dibuat

-       Membuat perilaku yang diharapkan lebih mungkin dilakukan daripada perilaku yang tidak diharapkan.

 

4.    PROMOTION

Merupakan perpaduan strategi komunikasi, bagaimana pesan disampaikan lewat material dan bagaimana pesan diproses oleh sender.

 

D.   MACAM-MACAM PERENCANAAN PEMASARAN

 

1)    Perencanaan Pasar Yang Strategis (Strategic Market Planning)

 

Berkaitan dengan perencanaan usaha perusahaan, kearah mana usaha perusahaan akan dikembangkan. Dalam perencanaan ini akan dicakup penetapan pasar yang mana akan dilayani dan produk apa yang harus dihasilkan dan dipasarkan.

 

2)    Perencanaan Strategis Pemasaran Perusahaan (Corporate Marketing    Planning)

 

Merupakan perencanaan jangka panjang yang bersifat menyeluruh dan strategis  yang merumuskan berbagai strategi dan program pokok dibidang pemasaran perusahaan, yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dalam suatu jangka waktu tertentu. Perlu dilaksanakan :

-       Analisis sumber daya dan lingkungan perusahaan

-       Analisis situasi yang mencakup analisis pasar dan segmentasinya

-       Penetapan strategi porusahaan dengan mempertimbangkan pasar dan produk berupa penetrasi pasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar.

 

3)    Perencanaan Pemasaran Yang Operasional (Operational Marketing Planning)

 

Merupakan perencanaan kegiatan pelaksanaan dibidang pemasaran yang rinci atas daerah/ wilayah niaga, produk dan waktu. Yang mencakup:

-       Rencana penjualan per daerah, per produk dan per bulan

-       Rencana penyaluran atau distribusi

-       Rencana promosi per produk, per daerah dan per bulan

-       Rencana penelitian dan pengembangan pasar

-       Rencana penelitian dan pengembangan produk

 
 
 

E.    CARA MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN SOSIAL

 

1)    Menjelaskan unique selling proposition. Karena dengan ini akan membedakan dari yang lainnya. Jangan mencoba untuk mengembangkan rencana pemasaran tanpa hal tersebut.

Contoh : produk mie instan yang kita kenal dengan kata “SELERAku” itu merupakan slogan yang digunakan oleh indomie, sehingga dikenal oleh banyak masyarakat dengan lagunya.

 

2)    Menentukan target pasar

Contoh : usaha jus buah, nah kita mencari tahu buah apa yang disenangi oleh jenis konsumen.

 

3)    Menuliskan manfaat dari produk/jasa

Contoh : manfaat dari buah naga

 

4)    Menjelaskan bagaimana dalam memposisikan produk/jasa

Contoh : dengan memperhitungkan segala resiko yang ada agar semua dapat berjalan sesuai yang diinginkan.

 

5)    Menentukan metode pemasaran dengan 5 langkah :

a)    Mengenali pelanggan

b)    Melakukan promosi

c)    Memilih lokasi yang strategis

d)    Menggunakan internet marketing

e)    Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen

 

F.    MASALAH-MASALAH AKIBAT KURANGNYA PERENCANAAN PEMASARAN

 

Ø  Peluang-peluang yang hilang untuk mendapatkan laba

Ø  Angka-angka yang tidak berarti dalam rencana jangka panjang

Ø  Tujuan yang tidak realistis

Ø  Kurangnya informasi pasar yang dapat dilakukan

Ø  Perselisihan antar fungsional

Ø  Frustasi manajemen

Ø  Perkembangbiakan produk dan pasar

Ø  Pengeluaran promosi yang sia-sia

Banyak cara bagi anda untuk mengembangkan pemasaran produk dengan sosial media marketing. Anda bisa memanfaatkan beberapa situs sosial media tertentu untuk bisnis anda. Beberapa situs sosial media yang bisa anda pilih di antaranya:

a)    Facebook
Semua orang selalu bersentuhan dengan sosial media ini dan dari hari kehari pengguna facebook semakin bertambah. Ini bisa menjadi peluang bagi anda untuk mengembangkan sosial media marketing sebagai promosi produk anda. Sangat wajar jika semua pebisnis memanfaatkan facebook untuk promosi besar dalam setiap produknya.

b)    Twitter

Sama halnya dengan facebook, twitter juga merupakan sosial media yang memiliki banyak member. Anda bisa memanfaatkan twitter untuk mengembangkan bisnis dan pemasaran anda.

c)    Website atau blog

Kedua jenis sosial media tersebut sangat efektif untuk pemasaran bisnis. Bahkan sosial media marketing sangat erat kaitannya dengan website. Pengguna hanya memiliki website saja sudah bisa memasarkan produk ke seluruh wilayah di negaranya atau di luar negeri.

Melalui website anda bisa memasarkan produk ataupun review produk dengan mudah dan jika anda mampu meningkatkan jumlah pengunjung pada website anda maka penjualan anda juga semakin meningkat.

Beberapa hal dalam penggunaan sosial media sebagai sosial media marketing diantaranya :

Konsumen
      Anda harus mendapatkan konsumen yang banyak jika anda ingin penjualan anda meningkat. Jadi dengan memanfaatkan sosial media anda harus bisa mendapatkan lebih banyak konsumen untuk produk anda.

Mempengaruhi konsumen
    Manfaatkan sosial media dengan mempengaruhi banyak orang agar tertarik dengan produk yang anda pasarkan. Semakin menarik anda berpengaruh pada mereka semakin besar peluang anda untuk mendapatkan simpati mereka.

Melalukan riset pasar
      Pilihlah target pemasaran yang benar-benar sesuai dengan produk yang anda pasarkan.

Promosi secara berkelanjutan

Lakukan promosi melalui sosial soal media secara berkelanjutan dan berkala, hal ini sangat penting untuk membangun brand anda dan juga mendapatkan lebih banyak konsumen.

0 komentar:

Post a Comment